Powered By Blogger

Rabu, 30 Januari 2013

Eksotisme Danau Ranu Kumbolo


Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger di kaki gunung Sumeru. Luas danau tersebut kurang lebih 15 hektar. Danau ini memang tampak tersembunyi dan asing. Namun bagi pecinta alam dan para pendaki tentunya danau ini sudah masuk dalam daftar akrab. Danau ini termasuk dalam areal Taman nasional Bromo Tengger Sumeru dan merupakan salah satu dari 7 danau tertinggi di Indonesia. Untuk sampai di danau Ranu Kumbolo ini dibutuhkan perjuangan ekstra karena anda harus melewati jalur trekking sepanjang 9,5 km. Medan yang tak mulus serta tanjakan terjal, jurang di sisi kanan dan kiri, tetapi perjuangan para pendaki akan terbayar dengan keindahan Danau Ranu Kumbolo yang sangat indah
.
Pendakian menuju Ranu Kumbolo dimulai dari jalur pos Ranu Pani. Namun, untuk mencapai Ranu Pani pendaki tidak bisa lagi menggunakan bus, kebanyakan dari mereka sekarang naik mobil jeep yang terbukti mampu mengatasi tanjakan dan jalur yang terjal serta jalananan yang terkadang ditutupi awan. Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi oleh para pendaki pada saat liburan, khususnya liburan perguruan tinggi karena sebagian besar para pendaki adalah mahasiswa.

Panorama matahari terbit yang mempesona dan sangat cantik bisa dilihat langsung di danau ini. Warna matahari terbit yang keemasan dipantulkan oleh permukaan danau, membuatnya terlihat sangat indah dan menakjubkan. Karena keindahannya inilah, tempat ini sering dijadikan objek fotografi.




Sumber :
http://forum.viva.co.id/domestik/553064-danau-ranu-kumbolo-di-gunung-semeru.html
http://www.belantaraindonesia.org/2012/08/tujuh-danau-tertinggi-di-indonesia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar